News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Apa Itu CSV ?
by Admin - Satvika Consulting  |  April 14, 2021

Direktorat Jenderal Pajak (DJP)  kini sejak tanggal 1 Oktober 2020 sudah mulai menerapkan penggunaan aplikasi e-faktur versi 3.0. dalam e-faktur terbaru ini terdapat penambahan fitur baru yaitu fitur prepopulated.

Fitur prepopulated merupakan fitur tambahan untu membantu pengusana kena pajak (PKP) yang sebelumnya menggunakan skema impor data comma separated value (CSV). Fitur impor data dengan CSV hingga kini masih disedikan pada e-faktur 3.0 Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika fitur prepopulated e-faktur 3.0 belum mampu mengakomodasi kebutuhan PKP. Dengan demikian, PKP tetap diberikan pilihan skema impor data CSV seperti pada versi e-faktur sebelumnya. Lantas, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan data CSV?

File CSV adalah singkatan dari Comma Separated Values. Semua file Comma Separated Values adalah file teks biasa, dapat berisi angka dan huruf saja, dan menyusun data yang terkandung di dalamnya dalam bentuk table, form dimana dalam basis data di mana setiap record dipisahkan dengan tanda koma (,) atau titik koma (;). Format data CSV ini memudahkan penggunanya melakukan penginputan data ke database secara sederhana.

Data yang berakhir dengan ekstensi CSV umumnya digunakan untuk bertukar data yang berjumlah besar antar aplikasi yang berbeda. Pasalnya, data CSV memang dirancang untuk menjadi cara mudah mengekspor data dan mengimpornya ke program lain

CSV memang diciptakan untuk mempermudah perpindahan data. Data CSV pada umumnya digunakan untuk bertukar data dengan jumlah data yang besar atar aplikasi yang berbeda.

Penulis : Cyintia