News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Apa Itu Pengusaha Kena Pajak?
by Admin - Satvika Consulting  |  September 19, 2020

Sebelum kita masuk ke topik pembahasan kita harus tau terlebih dahulu apa itu PKP atau (Pengusaha Kena Pajak). Dikutip dari halaman web pajak.go.id bahwa PKP adalah pengusaha yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak berdasarkan Undang-Undang Pajak Pertambahan Nilai. Jadi, tidak hanya penjual barang saja yang wajib dikukuhkan sebagai PKP, namun juga penjual jasa.

Lalu apa syarat Wajib Pajak ditetapkan sebagai PKP. Menurut pasal 4 ayat 1 pada PERATURAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 197/PMK.03/2013 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN MENTERI KEUANGAN NOMOR 68/PMK.03/2010 TENTANG BATASAN PENGUSAHA KECIL PAJAK PERTAMBAHAN NILAI bahwa Pengusaha wajib melaporkan usahanya untuk dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak, apabila sampai dengan suatu bulan dalam tahun buku jumlah peredaran bruto dan/atau penerimaan brutonya melebihi Rp4.800.000.000,00 (empat miliar delapan ratus juta rupiah). 

Sementara itu, apa saja kewajiban PKP?

  • Membuat faktur pajak saat terjadi penjualan barang/jasa dan melakukan pemungutan Pajak Pertambahan Nilai yang terutang sebesar 10% dari DPP (Dasar Pengenaan Pajak).
  • Mengurangkan PPN yang telah dipungut pada saat dilakukan penjualan dengan PPN pada saat dilakukannya pembelian.
  • Hasil pengurangan kemudian disetor ke kas negara apakah kurang bayar atau lebih bayar. Hasil perhitungan pajak tersebut dilaporkan dalam SPT Masa PPN.

                                                    

 

 

Penulis             : Wahyudi

Pic                   : freepik.com