News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Apa yang bisa dilakukan ketika terkendala Kode Verifikasi untuk submit SPT?
by Admin - Satvika Consulting  |  April 14, 2021

Kode verifikasi untuk submit SPT melalui e-filling dan e-form biasanya didapatkan oleh Wajib Pajak melalui e-mail. Adapun proses ini biasanya memakan waktu maksimal 3x24 jam. Namun kadang kalanya, kode verifikasi tersebut tak kunjung muncul dan justru menghambat proses submit SPT.

Direktur Teknologi Informasi dan Komunikasi DJP, Iwan Djuniardi, menjabarkan bahwa salah satu penyebab dari masalah ini adalah layanan Gmail dari Google menganggap email blast yang dilakukan DJP sehingga berujung pada pemblokiran. Peristiwa ini semakin diperparah sewaktu terjadi lonjakan permintaan drastis email blast.

Lalu, apa yang bisa Wajib Pajak lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

  1. Cek Folder Spam

Ketika kode verifikasi tak kunjung diterima melalui folder Inbox, Wajib Pajak dapat membuka folder spam/junk pada e-mail yang didaftarkan pada sistem DJP Online.

  1. Clear Cookies dan Cache

Cookies dan cache pada dasarnya berguna untuk mempercepat akses (loading) dari sebuah situs. Saat mengalami kendala kode verifikasi, Wajib Pajak dapat mencoba menghapus cookies dan cache pada browser sehingga dapat menampilkan updated data dari situs DJP Online. Salah satu shortcut yang dapat digunakan adalah mengklik CTRL + SHIFT + DEL kemudian hapus centang pada kolom Cookies dan Cache.

  1. Menggunakan private windows

DJP merekomendasikan Wajib Pajak membuka situs DJP Online menggunakan browser Google Chrome. Namun jika masih menemui kendala, Wajib Pajak dapat mencoba membuka situs DJP Online melalui fitur private window (pengguna Mozilla Firefox) atau incognito window (pengguna Google Chrome).

  1. Memanfaatkan fitur SMS OTP

Beberapa waktu lalu, DJP mengeluarkan fitur one stop password (OTP) yang dikirimkan melalui SMS untuk memudahkan Wajib Pajak menerima kode verifikasi (token). Layanan ini disediakan bagi pengguna provider Telkomsel, Indosat, dan XL. Wajib pajak terlebih dahulu harus memverifikasi nomor HP yang didaftarkan pada situs DJP Online untuk dapat menggunakan layanan ini. Selain itu, pastikan pula nomor HP yang didaftarkan memiliki pulsa yang cukup untuk mengirim kode OTP.

  1. Menghubungi Kring Pajak

Kring Pajak adalah layanan call center yang dibentuk DJP untuk meningkatkan mutu layanan perpajakan. Wajib pajak dapat menghubungi Kring Pajak melalui nomor telepon 1500200, live chat pada situs pengaduan.pajak.go.id, atau mention pada Twitter melalui akun @kring_pajak. Pengaduan kode verifikasi oleh Kring Pajak pada Twitter akan semakin cepat terlayani jika mention menggunakan hashtag #KodeVerifikasi kemudian menunggu reply atau direct message (DM) dari Kring Pajak.

 

 

 

Penulis: Surya (PKL Universitas Gadjah Mada)