News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Aspek Pajak Deviden
by Admin - Satvika Consulting  |  August 09, 2020

Wah musim bagi deviden nih. Seperti kita ketahui pada periode Q2 ini biasanya perusahaan-perusahaan melakukan pembagian deviden (bagian keuntungan) atas seluruh keuntungan yang perusahaan dapatkan pada periode sebelumnya, baik pembagian keuntungan tersebut dilakukan oleh perusahaan/emiten yang telah listing di bursa efek maupun perusahaan yang masih tergolong privat atau belum go public. Apa itu Deviden? Pada kesempatan ini kita akan membahas materi menarik tentang Deviden. Ayo kita simak pembahasanya berikut ini!

1. PENGERTIAN DEVIDEN

Deviden adalah pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki. Dalam kerangka berpikir dalam aspek Perpajakan, ada beberapa kegiatan serupa seperti pembagian deviden yang dianggap sebagai pembagian Deviden dengan bentuk dan nama yang berbeda. Kegiatan transaksi serupa tersebut biasanya seperti:

a. Pembagian Laba ditahan tahun sebelumnya

b. Pembagian Deviden dari perusahaan kepada wajib pajak pemegang polis

c. Pembagian uang sisa hasil usaha Koperasi

d. Pengeluaran pribadi untuk pemegang saham

e. pembayaran sehubungan dengan tanda-tanda laba

f. pembagian dalam bentuk saham

g. Pemberian saham bonus dsb.

Namun dalam Pasal 4 Ayat 3 diatur bahwa deviden atau bagian laba yang diperoleh Perseroan terbatas sebagai Wajib Pajak Dalam Negeri, koperasi, Badan Usaha Milik negara/daerah (BUMN/BUMD) yang didirikan dan berkedudukan di Indonesia.