News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Beli Produk Digital Luar Negeri Kena PPN ?
by Admin - Satvika Consulting  |  July 07, 2020

Anda suka membeli produk digital luar negeri ? mungkin anda  tidak tau dari mana asal produk digital yang sering anda gunakan . banyak kita jumpai penawaran di media social yang kita gunakan seperti iklan Streaming music, streaming film, games digital, dan jasa daring dari luar negeri. Dengan iklan yang menarik kita sering kali merasa penasaran dan ingin  mecoba atau mungkin sudah berlanggan.

Mulai 1 juli 2020 bagi kalian yang mempunyai bisnis menjual Produk digital. Dirjen pajak bisa saja akan meminta pelaku usaha pemungut  pajak petambahan nilai (PPN) melalui sistem elektronik. Pasal 10 ayat 1 beild menyatakan Direktur jenderal pajak dapat meminta pemungut PPN  PMSE untuk menyampaikan laporan rincian transaksi PPN  yang dipungut untuk setiap periode satu tahun kalender.

Sesuai  48/PMK.03/2020 “tentang tata Cara Penunjukan Pemungut, Pemungutan, Dan Penyetoran, Serta Pelaporan Pajak Pertambahan Nilai Atas Pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud Dan/Atau Jasa Kena Pajak Dari Luar Daerah Pabean Di Dalam Daerah Pabean Melalui Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.” ditegaskan pelaku usaha PMSE yang ditunjuk sebagai pemungut PPN PMSE adalah yang telah memenuhi kriteria nilai transaksi dengan pembeli barang dan/atau penerima jasa di Indonesia melebihi jumlah tertentu dalam 12 bulan.

Dalam  rincian transaksi PPN yang kiranya akan dimintai laporanya  meliputi nomor dan tanggal bukti pungut PPN. bukti pungut PPN ini dapat berupa commercial invoicebillingorder receipt, atau dokumen sejenis, yang menyebutkan pemungutan PPN dan telah dilakukan pembayaran, jumlah pembayaran, jumlah PPN yang dipungut. Jumlah pembayaran  dan jumlah PPN yang dipungut ini juga sudah wajib dilaporkan pemungut PPN secara triwulanan, nama dan nomor pokok wajib pajak (NPWP) pembeli barang dan/atau penerima jasa. Perincian ini harus diberikan jika bukti pungut PPN mencantumkan NPWP tersebut.

Source : https://news.ddtc.co.id/dirjen-pajak-bisa-minta-data-npwp-pembeli-produk-digital-luar-negeri-21493?page_y=1101

Pic : <a href='https://www.freepik.com/free-photos-vectors/calendar'>Calendar vector created by upklyak - www.freepik.com</a>

 

Penulis : Admin Cyintia Dewi