News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Cara aktifkan NPWP non-Aktif
by Admin - Satvika Consulting  |  August 09, 2020

Wajib Pajak Non Efektif (WP NE) adalah wajib pajak yang tidak melakukan pemenuhan kewajiban perpajakannya baik berupa pembayaran maupun penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Masa dan/atau SPT Tahunan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan, yang nantinya dapat diaktifkan kembali.

Penetapan wajib pajak sebagai wajib pajak NE dapat dilakukan berdasarkan permohonan wajib pajak itu sendiri atau secara jabatan oleh Ditjen Pajak (DJP). Penetapan status tersebut hanya bisa dilakukan Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

Merujuk pada Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-20/PJ/2013 Wajib pajak dapat ditetapkan sebagai WP NE apabila memenuhi kriteria sebagai berikut  :

  1. Wajib pajak orang pribadi menjalankan usaha atau pekerjaan bebas tetapi secara nyata tidak lagi menjalankan kegiatan usaha atau tidak lagi melakukan pekerjaan bebas.
  2. Wajib pajak orang pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas dan penghasilannya di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).
  3. Wajib pajak orang pribadi yang bertempat tinggal atau berada di luar negeri lebih dari 183 hari dalam setahun dan tidak bermaksud meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya.
  4. Wajib pajak yang mengajukan permohonan penghapusan NPWP dan belum diterbitkan keputusan sebagai wajib pajak.
  5. Wajib pajak yang tidak lagi memenuhi persyaratan subjektif dan atau objektif tetapi belum dilakukan penghapusan NPWP. Contohnya wajib pajak yang merupakan bendahara pemerintah namun tidak lagi melakukan pembayaran dan belum melakukan penghapusan NPWP.

Cara Mengaktifkan Kembali Status Wajib Pajak dari ‘NE’

  1. Mengisi FORMULIR PERMOHONAN PENGAKTIFAN KEMBALI WAJIB PAJAK NON-EFEKTIF. Yang bisa diunduh di www.pajak.go.id/.
  2. Isi Nama dan Nomor NPWP lama, dan tandatangani.
  3. Lampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan NPWP lama
  4. Sampaikan ke kantor pajak terdaftar.

Permohonan pengaktifkan kembali NPWP juga bisa dilakukan secara online yaitu melalui email ke kantor pajak terdaftar sambil melampirkan foto selfie sembari memegang KTP dan NPWP lama.

 

Penulis : Cyintia