News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Cara Memperbarui Sertifikat Elektronik Kadaluwarsa
by Admin - Satvika Consulting  |  April 14, 2021

Untuk mengurangi penyebaran Covid-19, Pengusaha Kena Pajak (PKP) dapat memperbarui sertifikat elektronik yang sudah kadaluwarsa dengan cara online pada saat terhentinya layanan di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT).

Tata cara untuk mengajukan permintaan sertifikat elektronik, yaitu:

  1. Pengusaha Kena Pajak harus mengajukan permohonan sertifikat elektronik melalui web efaktur.pajak.go.id di laman e-nofa.
  2. Pengusaha Kena Pajak diarahkan menginput passphrase yang merupakan kata sandi yang berisi serangkaian karakter dan/atau angka dan/atau huruf yang akan digunakan untuk instalasi sertifikat elektronik pada laman e-nofa.
  3. Pengusaha Kena Pajak kemudian menghubungi Kantor Pelayanan Pajak yang terdaftar, baik melalui email, pesan, ataupun telepon, untuk mendapat persetujuan dari petugas khusus. Dibutuhkan beberapa data untuk melakukan validasi identitas Pengusaha Kena Pajak, antara lain:
  • NPWP, nama, dan alamat tempat tinggal
  • NIK (bagi Pengusaha Kena Pajak Orang Pribadi) atau NIK yang mengajukan (bagi Pengusaha Kena Pajak Badan)
  • Nomor telepon yang sudah terdaftar pada akun pajak
  • Alamat email yang sudah terdaftar di akun pajak
  1. Jika data validasi identitas PKP sudah diyakini benar, maka petugas khusus akan melakukan persetujuan dalam pemberian sertifikat elektronik.
  2. Pengusaha Kena Pajak kemudian bisa mengunduh sertifikat elektronik tersebut di laman e-nofa.

Pengusaha Kena Pajak wajib melakukan perpanjangan sertifikat elektronik karena masa pakai dari sertifikat elektronik hanya dua tahun terhitung sejak DJP mengeluarkan sertifikat elektronik.

 

Nama               : Rika Wahyuni

Universitas      : Politeknik Negeri Bali