News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Cara Mendapatkan Kode EFIN Online
by Admin - Satvika Consulting  |  August 09, 2020

Pada era new normal ini, terdapat sejumlah layanan Ditjen Pajak (DJP) yang dapat dilakukan tanpa tatap muka. Salah satunya adalah layan untuk  mendapatkan kode dan aktivasi electronic filing identification number (EFIN).

Nah, kali ini saya akan menjelaskan tata cara untuk mendapatkan EFIN secara online bagi wajib pajak orang pribadi.

  1. Unduh formulir pengajuan permohonan EFIN. Pada laman https://www.pajak.go.id/. Anda bisa cetak, dan isi secara manual atau edit melalui Power Point.
  2. Kemudian, isi formulir tersebut. Meliputi, NPWP, Nama WP, Tempat tanggal lahir, no telp, dan email. Perlu diperhatikan untuk kolom EFIN tidak perlu diisi.
  3. Tandatangani formulir, tulis tempat dan tanggal dan tuliskan nama Anda. Kemudian, foto formulir tersebut.
  4. Silakan melakukan swafoto atau selfie dengan memegang kartu tanda penduduk (KTP) asli dan NPWP asli. Usahakan, nomor NPWP dan NIK KTP terlihat jelas.
  5. Kirimkan permohonan EFIN melalui email ke alamat email Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat Anda terdaftar dengan Subjek email ‘Permohonan EFIN’, dan dilampiri foto formulir permohonan EFIN dan swafoto Anda yang memegang NPWP dan KTP, jika sudah kemudian silakan kirim.

Biasanya, email balasan dari DJP tidak akan memakan waktu lama. Kurang dari 24 jam dan usahakan pengajuan EFIN dilakukan pada hari kerja. Nanti, DJP akan memberikan kode EFIN melalui email.

 

 

Penulis       : Wahyudi

Pic              : Freepik.com