News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

DISTRIBUTOR YANG DIKENAKAN PAJAK
by Admin - Satvika Consulting  |  April 14, 2021

Salah satu bisnis yang lagi booming dan sangat vital peranny dalam rantai pemasaran produk adalah jasa distributor.Perusahaan distributor adalah pihak yang membeli produk secara langsung dari produsen dan menjualnya kembalike retailer/ pengecer, atau bisa juga menjual langsung ke konsumen akhir (end user). Dalam hal ini pengusaha bisnis distributor berlaku sebagai pedagang besar yang mengambil produk yang sudah jadi dan siap digunakan tanpa perlu memodifikasinya.

Keuntungandari bisnis distributor ini adalah dari selisih harga biasanya dalam bentuk potongan harga pembelian produk dari produsen. Sedangkan komponen biaya yang perlu dipersiapkan pengusaha distributor biasanya dalam bentuk penyediaan gudang/tempat penyimpanan sementara dari produk dan juga biaya jalur distribusi.Seperti halnya bisnis yang lainnya, pengusaha distributor juga dikenai pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Seperti halnya bisnis yang lainnya, perusahaan distributor (paling banyak adalah produk distribsi makanan dan minuman) juga dikenakan pajak sebagai berikut:

  1. Pajak atas penghasilan perusahaan yang diterima (PPhPasal 25/29).
  2. Pajak atas penghasilan yang diterima oleh karyawan (PPh 21).
  3. Pajak atas penghasilan yang diterima oleh pihak ketiga (PPh 23, 4 ayat 2, 15, dan 26).
  4. Pajak Pertambahan Nilai (PPN), apabila perusahaan distributor sudah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak (PKP).
  5. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

 

Tips Membuat Perencanaan Pajak Perusahaan Distributor

 

Dengan kebijakan pajak sepertidiatas, maka seorang pengusaha bisnis distributor perlu membuat sebuah perencanaan pajak.Berikut ini strategi yang perluan dape siapkan:

 

Tips PerencanaanPajakPenghasilan Perusahaan

 

Untuk melakukan pembayaran PPh ini, maka perusahaan distributor bisa melakukan langkah sebagai berikut:

 

  • Tunjangan karyawan bisa diberikan dalam bentuk penyediaan makanan dan minuman untuk seluruh karyawan agar beban tunjangan tersebut dapat dijadikan pengurang penghasilan bruto dan juga tidak menjadi objek PPh 21 bagi karyawan (jangan diberikan dalam bentuk uang)

.

  • Jika ada biaya entertainmen (misalnya dalam proses distribusi produk) maka bisa dibuat daftar nominatif agar dapat dijadikan pengurang penghasilan bruto.

 

  • Jika dalam melakukan penagihan piutang kepelanggan munculeban kerugian piutang, maka perusahaan melakukan beberapa syarat berikut agar dapat dijadikan pengurang penghasilan bruto

 

  • Telah dibebankan sebagai beban dalam laporan laba rugi komersial

 

  • Wajib pajak harus menyerah kan daftar piutang yang tidak dapat ditagih kepada Direktorat Jenderal Pajak

 

  • Telah diserahkan perkara penagihannya kepada pengadilan negeri atau instansi pemerintah yang menangani piutang negara, bahwa utangnya telah dihapuskandalam jumlah tertentu

 

Tips PerencanaanPajakPenghasilan (PPh) 21 Karyawan

Dalam menyiapkan pembayaran Pajak Penghasilan 21 bagi karyawan, pengusaha distribusi juga perlu menyiapkan strategi seperti ulasan berikut ini:

 

  • Uang perjalanan dinas (biasanya banyak terjadi di perusahaan distribusi) yang diberikan dalam bentuk lumpsum bisa diganti dalam bentuk reimbursement. Mengapa demikian? Uang perjalanan dinasber bentuk lumpsum, maka akan menjadi objek PPh 21 tetapi jika berbentuk reimbursement maka yang menjadi objek PPh 21 hanyalah uang saku.
  • Jikaadapemberian bonus karyawan bisa diganti dengan pemberian beasiswa bagikaryawan berprestasi. Hal ini karena beasiswa dapat menjadi engurang PPh badan karena menurut Pasal 6 ayat 1 UU PPh, dan menjadi pengurang penghasilanbruto.

 

  • Pemberian kenaikan gaji karyawan, bisa dialihkan menjadi pemberian iuran pension karyawan karena bisa dijadikan pengurang penghasilan bruto, mengingat karyawan iuran pension bukan merupakan objek PPh 21.

 

Dengan beberapa langkah persiapan pajak diatas, pengusaha distributor bisa melakukana dministrasi perpajakannya dengan efisien dan jugalebih jelas.

 

Penulis : Aleandro Juvon