News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

DJP Lakukan Penambahan Operator Seluler Untuk layanan SMS OTP
by Admin - Satvika Consulting  |  September 19, 2020

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) ingin meningkatkan kemudahan layanan kepada Wajib Pajak dengan menambahkan fitur pengiriman one time password (OTP) melalui Short Message Service (SMS). Fitur pengiriman OTP melalui SMS ini merupakan layanan alternatif selain pengiriman token (kode verifikasi) melalui email. Pada waktu lalu Ditjen Pajak (DJP) menambah satu operator seluler atau telekomunikasi yang bisa melayani permintaan kode verifikasi e-Filing di DJP Online melalui pesan singkat (short message service/SMS). Sebelumnya layanan kode verifikasi juga bisa diakses melalui pesan singkat (SMS) akan tetapi hanya untuk 2 operator seluler yaitu telkomsel dan indosat. Setelah DJP melakukan pembaruan layanan SMS OTP, DJP menambahkan satu operator untuk  melayani SMS OTP tersebut adalah XL Axiata.

Dalam hal wajib pajak ingin mengaktifkan layanan SMS OTP ini, diperlukan beberapa hal yang harus dilakukan. Langkah – langkahnya sebagai berikut:

  1. Ubah nomor ponsel di halaman profil pada DJP Online.
  2. OTP dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel terdaftar.
  3. Cek pesan masuk pada ponsel.
  4. Masukkan kode OTP untuk verifikasi.
  5. Nomor ponsel berhasil diubah dan sudah dapat menggunakan fitur SMS OTP.

Dikutip dari artikel di halaman web pajak.go.id bahwa untuk memanfaatkan fitur ini operator seluler akan membebankan biaya layanan pengiriman SMS kepada penerima SMS.

 

 

 

Penulis              : Wahyudi

Pic                   : freepik.com