News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

DJP melakukan Sinkronisasi NPWP dan KTP
by Admin - Satvika Consulting  |  September 19, 2020

Pemerintah merencanakan penerapan identitas tunggal atau Single Identity Number (SIN) dengan cara menggabungkan nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor pokok wajib pajak (NPWP)

Penggabungan KTP dan NPWP ini diharapkan dapat berdampak positif bagi peningkatan penerimaan pajak karena mempermudah pendataan kepada masyarakat.

Dengan sinkronsisai ini DJP selaku otoritas pajak DJP selaku otoritas pajak akan makin mudah dalam melakukan pendataan atas wajib pajak maupun bukan wajib pajak. Untuk diketahui, ide penggunaan SIN sebagai upaya untuk meningkatkan kepatuhan pajak sudah lama didengungkan. SIN juga dianggap sebagai alat efektif dalam menguji kepatuhan wajib pajak dalam sistem perpajakan berbasis self-assessment.

Ditjen Pajak mempunyai landasan sebagai penanggung jawab sistem SIN. Hal itu termaktub dalam Pasal 35A dan 41C UU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP).

Dalam pelaksanaanya Ditjen Pajak berhak meminta keterangan dari pihak ketiga—seperti bank, akuntan publik, dan lainnya—tentang wajib pajak yang diperiksa. Bila ada usaha yang menghalangi kebijakan tersebut, ada sanksi pidana.

Penulis : Cyintia

Pic : Freepik.com