News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Electronic Filing Identification Number (EFIN)
by Admin - Satvika Consulting  |  August 09, 2020

Dilansir dari halaman website pajak.go.id Electronic Filing Identification Number atau yang biasa kita sebut dengan EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) kepada Wajib Pajak yang melakukan transaksi elektronik dengan Ditjen Pajak, seperti lapor SPT melalui e-Filing dan pembuatan kode billing pembayaran pajak.

Kemudian bagaimana cara kita membuat atau mendapatkan EFIN? Berikut kami jelaskan langkah – langkahnya. Akan tetapi sebelum lanjut ke  langkah – langkah permohonan EFIN sebaiknya kita harus mengetahui kita ini Wajib Pajak Orang Pribadi atau Wajib Pajak Badan, karena untuk permohonan EFIN antara Wajib Pajak Orang Pribadi dan Wajib Pajak Badan berbeda. Baca Juga Cara Mendapatkan Kode EFIN Online

  1. Permohonan EFIN untuk Wajib Pajak Orang Pribadi:
  1. Ajukan permohonan aktivasi EFIN dengan mengisi formulir yang telah disediakan tau bisa diunduh di halaman website pajak.go.id
  2. Datangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP), Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdekat. Perlu diketahui untuk permohonan EFIN Wajib Pajak Orang Pribadi tidak bisa dikuasakan atau diwakilkan.
  3. Kemudian tunjukkan dokumen asli serta menyerahkan fotokopi KTP untuk WNI, paspor dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) untuk WNA;
  4. Tunjukkan asli serta menyerahkan fotokopi kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT); dan
  5. Menyampaikan alamat email aktif.

 

  1. Permohonan EFIN Untuk Wajib Pajak Badan:
  1. Isi formulir permohonan aktivasi EFIN yang diisi oleh pengurus perusahaan;
  2. Pengurus datang ke KPP tempat terdaftar dengan menunjukkan asli dan menyerahkan fotokopi surat penunjukan pengurus yang bersangkutan untuk mewakili badan;
  3. Kemudian tunjukkan dokumen asli serta menyerahkan fotokopi KTP untuk WNI, paspor dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) untuk WNA, dan NPWP atau SKT atas nama pengurus.
  4. Tunjukkan asli dan serahkan kartu NPWP atau SKT atas nama wajib pajak badan;
  5. Menyampaikan alamat email aktif badan tersebut.

Setelah EFIN Anda aktif, Anda dapat menggunakannya​ untuk registrasi di situs aplikasi DJP Online.

 

 

 

Penulis             : Wahyudi

Pic                   : freepik.com