News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Ini Dia Kriteria JKP Ekspor Tarif 0%
by Admin - Satvika Consulting  |  November 26, 2020

Menurut Peraturan Menteri Keuangan No. 32/PMK.010/2019 Tentang Batasan Kegiatan dan Jasa Kena Pajak yang Atas Ekspornya Dikenai Pajak Pertambahan Nilai. Kegiatan Ekspor Jasa Kena Pajak merupakan kegiatan pelayanan di dalam Daerah Pabean yang menyebabkan suatu barang, fasilitas, kemudahan, atau hak tersedia untuk dimanfaatkan di luar Daerah Pabean. hanya terdapat tiga jenis JKP yang atas ekspornya dikenakan PPN dengan tarif 0%, antara lain :

  1. kegiatan yang melekat pada barang bergerak yang meliputi: jasa maklon, jasa perbaikan dan perawatan, dan jasa pengurusan transportasi (freight forwarding) terkait barang untuk tujuan ekspor.

  2. kegiatan yang melekat pada barang tidak bergerak yaitu jasa konsultansi konstruksi yang meliputi pengkajian, perencanaan, dan perancangan konstruksi terkait dengan bangunan atau rencana bangunan yang berada di luar Daerah Pabean.

  3. Ekspor Jasa Selain Jasa yang Melekat pada Barang yang meliputi:

  • Jasa teknologi dan informasi meliputi Layanan analisis sistem komputer, layanan perancangan sistem komputer, layanan pembuatan sistem komputer dan/atau situs web menggunakan bahasa pemrograman, antara lain layanan pembuatan aplikasi, layanan keamanan teknologi informasi (IT security), layanan pusat kontak (contact center), layanan dukungan teknik, layanan komputasi awan (cloud computing) dan web hosting, dan layanan pembuatan konten dengan menggunakan bantuan teknologi informasi.

  • Jasa penelitian dan pengembangan (research and development)

  • Jasa persewaan alat angkut berupa persewaan pesawat udara dan/atau kapal laut untuk kegiatan penerbangan atau pelayaran internasional

  • Jasa konsultansi bisnis dan manajemen, jasa konsultansi hukum, jasa konsultansi desain arsitektur dan interior, jasa konsultansi sumber daya manusia, jasa konsultansi keinsinyuran (engineering services), jasa konsultansi pemasaran (marketing services), jasa akuntansi atau pembukuan, jasa audit laporan keuangan, dan jasa perpajakan

  • Jasa perdagangan berupa jasa mencarikan penjual barang di dalam daerah pabean untuk tujuan ekspor dan

  • Jasa interkoneksi, penyelenggaraan satelit dan/atau komunikasi/konektivitas data. Jasa ini dibagi dalam 4 layanan sebagaimana diatur dalam PMK No. 32/PMK.010/2019

Dikutip dari laman web news.ddtc.co.id Adapun syarat ekspor dengan tarif 0% harus memenuhi persyaratan berikut :

  1. Didasarkan atas perikatan atau perjanjian tertulis antara pengusaha kena pajak (PKP) dengan penerima ekspor JKP yang mencantumkan dengan jelas: jenis, rincian kegiatan yang dihasilkan di dalam daerah pabean untuk dimanfaatkan di luar Daerah Pabean oleh penerima ekspor JKP dan nilai penyerahan; dan

  2. terdapat pembayaran disertai dengan bukti pembayaran yang sah dari penerima ekspor JKP kepada PKP sehubungan dengan ekspor JKP.

Jadi JKP yang dihasilkan di dalam Daerah Pabean dan dimanfaatkan di luar Daerah Pabean tidak dikenai PPN jika ekspor JKP mencakup ketiga jenis jasa tersebut dan memenuhi persyaratan diatas.

 

 

 

 

 

Penulis      : Wahyudi

Pic             : freepik.com