News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Ketentuan PPh Final atas Penghasilan Bunga Simpanan Koperasi
by Admin - Satvika Consulting  |  September 19, 2020

Apa Itu Bunga Simpanan Koperasi?

Sebagai sebuah bentuk organisasi ekonomi yang berlandaskan asas kekeluargaan, koperasi tidak lepas dari aspek perpajakan. Salah satunya adalah pajak atas bunga simpanan koperasi.

Bunga simpanan koperasi sendiri merupakan bunga yang diberikan kepada anggota koperasi atas simpanan yang disetorkan dengan besar yang sudah ditentukan di awal.

Nah, di sinilah bunga tersebut termasuk salah satu bentuk penghasilan dari koperasi yang terkena pajak.

Seperti yang tertuang dalam Pasal 2 ayat 1 (b) UU tentang Pajak Penghasilan, koperasi merupakan salah satu bentuk badan usaha yang wajib membayar pajak pada negara. Kewajibannya meliputi memiliki NPWP dan/atau PKP, menyetorkan dan melaporkan pajak penghasilan badan, melakukan pemotongan PPh, serta melakukan pemungutan PPN.

 

Bagaimana Ketentuan PPh Final atas Penghasilan Bunga Simpanan Koperasi?

Sesuai Pasal 4 ayat (2) Uundang-Undang Pajak Penghasilan (UU PPh), penghasilan berupa bunga simpanan yang dibayarkan oleh koperasi kepada anggota koperasi orang pribadi dikenai PPh bersifat final.

 

Objek Pajak

Penghasilan berupa bunga simpanan yang dibayarkan oleh koeprasi yang didirikan di Indonesia kepada anggota koperasi orang pribadi dikenai pajak penghasilan yang bersifat final.

 

Tarif

Dasar hukum untuk pajak atas bunga simpanan koperasi adalah Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2009 tentang PPh atas bunga simpanan yang dibayarkan oleh koperasi kepada anggota koperasi orang pribadi dan PMK-112/PMK.03/2010 tentang Tata Cara Pemotongan, Penyetoran, dan Pelaporan atas bunga simpanan yang dibayarkan oleh koperasi kepada anggota orang pribadi.

Jadi, besaran tarif pajaknya dikenakan pemotongan PPh Pasal 4 ayat 2 sebagai berikut:

 

  1. 0% untuk penghasilan berupa bunga simpanan sampai dengan Rp. 240.000 per bulan.
  2. 10% dari jumlah bruto bunga untuk penghasilan berupa bunga simpanan lebih dari Rp. 240.000 per bulan.

 

Pemotong Pajak

Koperasi yang melakukan pembayaran bunga simpanan kepada anggota koperasi orang pribadi, wajib memotong PPh yang bersifat final tersebut.

 

 

Penulis             : Yudha

Pic                   : http://bit.do/Lambang-Koperasi-Indonesia-