News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Kode Eror saat Menggunakan e-faktur 3.0? Berikut Cara Mengatasinya.
by Admin - Satvika Consulting  |  April 14, 2021

Kendala teknis sering kita jumpai dan tidak dapat dihindari baik dari aplikasi maupun down server sekalipun. Maka dari itu, tak heran apabila wajib pajak seringkali menjumpai kendala salah satunya pada saat input kode mengalami eror atau pesan-pesan yang mengakibatkan proses layanan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Salah satunya adalah aplikasi e-faktur 3.0. Berikut akan disajikan solusi atau tips apabila menemui pesan atau kode eror saat menggunakan e-faktur 3.0.

  1. ETax-10001: Error Database, solusinya pastikan database ada dan aplikasi yang berjalan di komputer Anda hanya satu aplikasi yaitu e-faktur 3.0.0.1. Jangan lupa untuk menjalankan ETaxInvoiceUpd.exe.
  2. ETax-40001: tidak dapat menghubungi ETaxInvoice Sever. Solusinya pastikan Anda terhubung dengan Internet. Kemudian, wajib pajak atau Pengusaha Kena Pajak (PKP) melakukan sejumlah langkah ini yaitu mengecek koneksi internet. Antivirus atau firewall juga di cek. Dan sertifikat elektronik di cek apakah masih aktif dan perkenalkan ulang sertifikat elektronik. Jika kendala masih ada maka besar kemungkinan server DJP sedang bermasala.
  3. ETax-10004 : Data tidak ditemukan. Solusinya silakan melakukan Get Data kembali untuk mengulangi proses request ke server DJP. Kemungkinan koneksi internet terputus.
  4. ETax-API-50031: NOT FOUND.  Notifikasi ini muncul disebabkan wajib pajak salah menginput Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN) dan juga salah dalam melakukan input kode KPP/NPWP pada saat pembuatan id billing atau bias juga data pembayaran di system DJP belum sinkron. Solusinya pastikan tata cara pembuatan billing dan pembayaran telah sesuai sebelum Anda menyetor dan mengkreditkan pajak masukan barang/jasa kena pajak tidak berwujud dari luar daerah pabean di dalam daerah pabean. Jika kendala yang telah disebutkan diatas ternyata masih ditemukan masalah, diharapkan Anda menghubungi 1500 200 atau Account Representative (AR) di KPP Wajib Pajak terdaftar.

 

Penulis  : Yudha

Pic          : pajak.efaktur.id