News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Lapor Pajak Lewat e-Filling
by Admin - Satvika Consulting  |  August 09, 2020

Sebelumnya kami sudah menjelaskan apa itu e-Blling untuk yang belum tau bisa klik tautan berikut ini Apa itu e-Billing? Bagaimana Cara Membuatnya?. Setelah kita sudah tau apa itu e-Billing. Nah sekarang kami akan menjelaskan apa itu e-Filing. Dikutip dari halaman web pajak.go.id e-Filling adalah suatu cara penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id).

Apa saja sih yang dapat dilaporkan melalui aplikasi e-Filling, bagi yang ingin menyampaikan laporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi (1770, 1770S, 1770SS) maupun SPT Tahunan PPh Badan (1771) dapat mengisi dan menyampaikan laporan SPT-nya

Untuk jenis SPT 1770SS dan 1770S disediakan formulir pengisian langsung pada aplikasi e-Filing. Sedangkan untuk penyampaian laporan SPT pajak lainnya e-Filing di DJP Online menyediakan fasilitas penyampaian SPT berupa ungggah SPT yang telah dibuat melalui aplikasi e-SPT maupun e-FORM, SPT yang telah dibuat melalui aplikasi-aplikasi tersebut dapat disampaikan secara online tanpa harus datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Tidak hanya untuk SPT tahunan e-Filling juga dapat digunakan untuk pelaporan SPT masa antara lain (PPh Pasal 21,PPh Pasal 22, PPh Pasal 23, PPh Pasal 25, PPh Pasal 4 ayat (2).

 

Terus bagaimana sih cara menggunakan e-Filling, berikut kami jelaskan langkah – langkahnya.

  1. Silakan log in ke halaman https://djponline.pajak.go.id/ dengan akun DJP.
  2. Pilih layanan e-Filing Pada menu ”Lapor”
  3. Klik buat SPT
  4. Pilih Upload SPT dan pilih file .csv dari e-SPT yang akan dilaporkan.
  5. Anda juga bisa meng-upload lampiran (pdf), bila ada
  6. Upload SPT dengan memilih Start Upload SPT
  7. Klik tombol “OK” pada waktu muncul info bahwa proses upload telah selesai
  8. Ambil kode verifikasi, lalu isikan, dan kirim
  9. Setelah berhasil kirim SPT, Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) dikirim ke email

 

 

Penulis             : Wahyudi

Pic                   : freepik.com