News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

masih ribet dalam pembayaran dan pelaporan pajak? ini solusinya
by Admin - Satvika Consulting  |  April 14, 2021

Aplikasi memiliki peran penting dalam berbagai aktivitas termasuk perpajakan. Melalui aplikasi, banyak hal dapat diselesaikan dengan efektif dan efisien. Jika dahulu mengurus segala sesuatunya secara manual dengan datang langsung ke kantor pelayanan pajak, kini hampir semuanya bisa dilakukan tanpa tatap muka. Terlebih lagi pada saat pandemic COVID-19 ini sebisa mungkin mengurangi pertemuan secara langsung dan sebaiknya cukup dilakukan secara online. Seiring berkembangnya teknologi, aplikasi bertransformasi menjadi berbasis web (web-base). Dengan aplikasi berbasis web ini, mengakses data atau melakukan berbagai aktivitas bisa secara daring di mana pun dan kapan pun selama terhubung dengan internet.

 

Dalam bidang perpajakan, aplikasi berbasis web telah memudahkan Wajib Pajak (WP), baik itu WP Orang Pribadi (OP) maupun WP Badan dalam melakukan urusan perpajakannya. Berkat aplikasi berbasis web ini, dapat meminimalisir penggunakan waktu dan tenaga menjadi semakin efektif dan efisien dalam melakukan urusan perpajakan. Dan tentu saja, kemudahan dalam mengurus pepajakan juga secara tidak langsung memengaruhi tingkat kepatuhan wajib pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. Hal ini juga pernah diakui oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sehingga pihaknya perlu melakukan transformasi dan meluncurkan beberapa aplikasi pajak online. Mulai dari membuat faktur pajak elektronik, bukti pemotongan pajak, membayar pajak hingga melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT)/Masa Pajak Penghasilan (PPh) maupun Pajak Pertambahan Nilai (PPN). 5 Masalah yang sering ditemui WP yaitu:

  1. Sulit dalam proses pembayaran dan pelaporan pajak yang tidak terintegrasi dan terpusat di 1 sistem
  2. Sulit untuk mencari dokumen pajak yang telah dibayarkan atau dilaporkan sebelumnya
  3. Minimnya informasi akan peraturan pajak yang seringkali berubah
  4. Kekhawatiran atas bukti lapor tidak sesuai atau belum terlaporkan ke Direktorat Jenderal Pajak (DJP)
  5. Tidak menemukan solusi yang sesuai dengan kebutuhan perpajakan

 

Untuk semakin memudahkan wajib pajak dalam melakukan aktivitas pajaknya dan memperluas pelayanan pajak, DJP juga menggandeng Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) sebagai mitra resmi yang diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak (Perdirjen) Nomor PER-11/PJ/2019 tentang Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan.

Keunggulan menggunakan aplikasi berbasis web yaitu:

  1. Keamanan Data

Keamanan data dan informasi WP yang bersifat pribadi dan rahasia terlindungi. Seluruh data dan informasi terkait perpajakan akan tersimpan dengan aman di database berbasis sistem komputasi awan (cloud) karena langsung dienkripsi sehingga tidak mudah diretas. Selain itu, WP juga tak perlu khawatir data hilang, karena data akan tersimpan di sistem cloud dan dapat kembali diakses secara online.

  1. Dapat Diakses Melalui Berbagai Platform

Dapat diakses melalui berbagai platform atau gadget karena terpusat pada satu sistem web. Jadi, WP bisa lebih fleksibel dengan mengoperasikan aplikasi tersebut melalui ponsel pintar, laptop, tablet maupun computer dan yang paling penting harus terhubung internet.

  1. Tidak Harus ‘Install’ Terlebih Dahulu

Agar dapat memanfaatkan aplikasi berbasis web, WP tidak perlu menginstalnya di perangkat keras dengan spesifikasi khusus. Karena instalasi akan dilakukan di server penyedia aplikasi berbasis web tersebut.

  1. Bisa Dioperasikan dengan Praktis 

Para pengguna hanya perlu masuk ke situs yang menyediakan layanan pajak, kemudian melaksanakan aktivitas perpajakan melalui fitur-fitur canggih yang sudah tersedia. Dan aplikasi berbasis web ini dilengkapi dengan panduan yang berisi langkah-langkah untuk mengoperasikannya, sehingga WP tidak bingung.

  1. ‘Update’ secara Otomatis

Aplikasi pajak berbasis web tidak harus diperbaharui secara rutin lantaran tidak diinstal ke perangkat keras. Tetapi, seluruh maintenance dan update akan dilakukan pada server, yang dijalankan secara otomatis dan lebih cepat oleh penyedian aplikasi.

  1. Lebih Hemat Waktu dan Tenaga

Keunggulan aplikasi berbasis web untuk pajak yang terakhir adalah menghemat banyak waktu dan tenaga karena dapat dilakukan secara online dan real time.

 

Itulah beberapa keunggulan menggunakan aplikasi berbasis web untuk mengurus pajak. Gunakan aplikasinya dan manfaatkan untuk kemudahan urusan perpajakan Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi pajak online Klikpajak.id yang merupakan mitra resmi DJP dengan fitur lengkap, mulai dari e-Faktur, e-Bupot, e-Billing dan e-Filing. Sebagai mitra resmi DJP, Klikpajak.id akan membantu Anda dalam menghitung, membayar hingga melaporkan kegiatan perpajakan. Tinggal klik, semua urusan pajak Anda selesai dalam sekejap! Cukup daftarkan email Anda di www.klikpajak.id dan manfaatkan kemudahan dalam mengurus perpajakan Anda mulai dari menghitung, membayar hingga melaporkan pajak hanya dalam satu platform.

 

Penulis: Ni Putu Ayu Arnita Dewi, Politeknik Negeri Bali