News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Pahami Arti Pajak Sejak Dini Jika Ingin Menjadi Negara Maju
by Admin - Satvika Consulting  |  April 14, 2021

Faktor utama suatu negara bisa di katakan negara maju jika negara itu mempunyai pembangunan yang andal dan terstruktur baik dari segi sosial, politik, ekonomi, budaya, dan teknologi.  Dana untuk membiayai pembangunan itu sendiri sebagian besar diperoleh dari pajak. Pajak digunakan untuk membiayai negara, gaji pegawai negeri, biaya pendidikan, subsidi, utang negara, pembangunan sarana dan prasarana, serta masih banyak lagi. Dengan demikian, pajak berperan penting dala menciptakan kesejahteraan Negara.

Sudah sepatutnya pemerintah dan masyarakat harus menjalankan tugas dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab serta harus adanya tingkat kesadaran warga negara menjadi faktor utama dalam menjadikan negara yang makmur dan sejahtera. Akan tetapi, pada kenyataannya tingkat kesadaran masyarakat masih kurang.

Lalu, apa yang menyebabkan tingkat kesadaran masyarakat rendah dalam membayar pajak? Karena masih ada yang berasumsi membayar pajak hanya akan membuat pegawai pajak membesarkan perutnya sendiri, padahal uang tersebut untuk membiayai negara dalam rangka menciptakan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa. Ketidakpahaman masyarakat akan pentingnya pajak membuat kesadaran masyarakat menjadi rendah.

Pengetahuan mengenai pajak sudah sepantasnya diperkenalkan sejak dini, mulai dari SD, SMP, SMA, dan di perguruan tinggi. Walaupun belum menjalankan kewajiban pajak, namun mereka mempunyai peranan yang besar untuk kelanjutan bangsa dan negara. Generasi muda adalah aset utama negara, karena mereka nantinya yang akan mengisi posisi untuk meneruskan kelanjutan negara ini.

  • Pada dasarnya, pajak merupakan iuran yang harus dibayar oleh wajib pajak kepada negara berdasarkan undang-undang dan tidak memperoleh balas jasa secara langsung. Menurut UU No. 28 Tahun 2007 Pasal 1 ayat 1 tentang Ketentuan umum dan tata cara perpajakan, pajak adalah "kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang Undang, dengan tidak mendapat timbal balik secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.''

Oleh: Ni Kadek Ayu Tiara Krispyantika

Univ : Politeknik Negeri Bali

Pict : https://flazztax.com/2020/04/11/apa-saja-sih-manfaat-dari-membayar-pajak/