News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Mulai 17 Agustus 2020, Pendaftaran NPWP Bisa Melalui Bank
by Admin - Satvika Consulting  |  August 09, 2020

Ditjen Pajak (DJP) menjalin kerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) terkait dengan registrasi dan validasi nomor pokok wajib pajak (NPWP) secara elektronik. Yang nantinya akan diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 2020, integrasi layanan ini akan hadir dalam bentuk aplikasi validasi yang dilakukan secara online melalui sistem penyedia jasa aplikasi perpajakan.

Integrasi layanan ini diharapkan dapat mempermudah proses administrasi bagi masyarakat yang belum memiliki NPWP. Pasalnya, dalam proses pembukaan rekening bank maupun mengajukan kredit, NPWP menjadi salah satu persyaratan yang dibutuhkan. Selain data NPWP, sistem validasi ini juga dapat menunjukkan riwayat kepatuhan pelaporan surat pemberitahuan pajak penghasilan yang dapat digunakan bank dalam proses evaluasi risiko kredit.

Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, aplikasi pendaftaran dan validasi NPWP melalui bank ini diharapkan dapat mempermudah pelaku UMKM untuk mengakses dan mendapatkan fasilitas bantuan subsidi bunga/margin yang diberikan pemerintah agar dapat memanfaatkan berbagai insentif pajak seperti subsidi bunga dan insentif perpajakan. Hal ini dikarenakan NPWP menjadi syarat untuk memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Baca Juga : NPWP untuk Raih Subsidi Bunga UMKM

Aplikasi e-registrasi dan validasi NPWP saat ini hanya bisa dilakukan melalui 4 Bank yaitu pada Bank Mandiri yang menyediakan aplikasi dengan nama 'Mandiri Pajakku'. BRI memberikan layanan pajak melalui internet banking BRI dan masuk kepada layanan registrasi NPWP. BTN menyediakan Online Tax Portal yang bisa dimanfaatkan nasabah di layanan konsumen pada setiap kantor cabang BTN. dan BNI menyediakan aplikasi berbasis web dengan nama BNI ASP.

 

 

 

Penulis       : Wahyudi

Pic              : www.freepik.com/