News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Mulai September 2020, TIKTOK Subjek PPN PMSE
by Admin - Satvika Consulting  |  September 19, 2020

Pada awal September 2020 mendatang Direktorat Jenderal Pajak (DJP) akan mengumumkan perusahaan digital asing baru yang menjadi pemungut dan penyetor Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE). Proses penunjukan subjek pajak ini akan terus dilakukan penambahan setiap bulannya oleh DJP.

Sampai saat ini DJP sudah menunjuk sebanyak 6 perusahaan digital asing sebagai pemungut dan penyetor PPN PMSE yang dilakukan pada bulan Juli 2020 lalu. Enam perusahaan tersebut adalah Amazon Web Services Inc., Google Asia Pacific Pte. Ltd., Google Ireland Ltd., Google LLC., Netflix International B.V., dan Spotify AB.

Dan pada penunjukan yang kedua yang dilakukan DJP terdapat 10 perusahaan global yang menjadi pemungut PPN PMSE. Salah satunya adalah aplikasi jaringan sosial dan platform video musik atau yang lebih trend dikenal sebagai tiktok (Tiktok Pte. Ltd.) yang juga akan menjadi subjek PPN PMSE kedepannya dan 9 lainnya adalah Facebook Ireland Ltd., Facebook Payments International Ltd., Facebook Technologies International Ltd, Amazon.com Services LLC, Audible, Inc., Alexa Internet, Audible Ltd., Apple Distribution International Ltd., dan The Walt Disney Company (Southeast Asia) Pte. Ltd.

 

 

Penulis             : Wahyudi

Pic                   : freepik.com