News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

NPWP untuk Raih Subsidi Bunga UMKM
by Admin - Satvika Consulting  |  July 07, 2020

Sehubungan untuk melindungi debitur UMKM dari dampak ekonomi yang timbul akibat pandemi Covid-19. Pemerintah memberikan fasilitas subsidi bunga kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan plafon kredit sebesar Rp50 juta atau lebih rendah bisa mendapatkan nomor pokok wajib pajak (NPWP) secara jabatan yang dapat digunakan untuk mengakses fasilitas subsidi bunga dari pemerintah tersebut. Dalam rangka Mendukung Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 65/2020 tentang Tata Cara Pemberian Subsidi Bunga/Subsidi Margin untuk Kredit/Pembiayaan UMKM dalam rangka Mendukung Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang mana berlaku mulai 5 Juni 2020.

Adapun bagi UMKM dengan plafon kredit di atas Rp50 juta, pendaftaran NPWP tetap dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.  Subsidi ini hanya dapat dinikmati dengan batas plafon kredit sebesar Rp10 miliar.

Selain harus memiliki atau harus mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP, terdapat 3 syarat lain yang harus dipenuhi debitur UMKM dalam rangka mendapatkan fasilitas subsidi bunga dari pemerintah.

Pertama, debitur UMKM harus sudah memiliki baki debet kredit minimal sejak sebelum 29 Februari 2020. Baki debet adalah sisa pokok pinjaman yang wajib dibayar kembali oleh debitur kepada penyalur kredit.

Dengan ini, debitur UMKM yang baru memiliki baki debet setelah 29 Februari 2020 tidak mendapatkan fasilitas subsidi bunga dari pemerintah.

Kedua, debitur UMKM harus memiliki kategori performing loan lancar atau termasuk dalam kategori kolektibilitas satu atau dua dihitung sejak 29 Februari 2020.

Ketiga, debitur UMKM yang berhak mendapatkan fasilitas subsidi bunga adalah mereka yang tidak termasuk dalam daftar hitam nasional.

Apabila plafon kredit yang dimiliki oleh debitur UMKM secara kumulatif mencapai Rp500 juta hingga Rp10 miliar, debitur UMKM harus memperoleh restrukturisasi kredit dari penyalur kredit terkait.

 

Penulis: Admin - Satvika Consulting

Picture source: https://www.online-pajak.com/daftar-npwp-online-wajib-pajak-orang-pribadi