News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Pemerintah Kaji Penanggungan PPN 90 Hari
by Admin - Satvika Consulting  |  September 19, 2020

Pemerintah berencana menambah insentif pajak untuk meringankan beban pelaku industri di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan tengah mengkaji insentif berupa penghapusan PPN untuk bahan baku lokal tujuan ekspor, penangguhan pembayaran PPN selama 90 hari tanpa denda, serta pembebasan sementara angsuran PPh Pasal 25.

Diharapkan insentif ini dapat membantu pelaku industri pulih dari tekanan akibat pandemi. Insentif bagi pelaku industri saat ini yakni pembebasan PPh Pasal 22 impor, angsuran 30% PPh Pasal 25, restitusi PPN dipercepat, serta insentif tambahan untuk perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat dan/atau kemudahan impor tujuan ekspor untuk penanganan pandemi Corona.

Surat Edaran (SE) Menteri Perindustrian Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Operasional Pabrik dalam Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-2019, serta SE Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengajuan Permohonan Perizinan Pelaksanaan Kegiatan Industri dalam Masa Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Covid-19.

Dengan kebijakan itu, aktivitas produksi diharapkan bisa kembali pulih setelah sempat terhenti akibat pandemi. "Surat edaran ini diterbitkan dengan tujuan mendukung industri dalam berproduksi, tetapi sesuai dengan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) dan peraturan penanganan Covid-19," ujarnya. (Bsi)

Source : https://news.ddtc.co.id/tag/penangguhan-pembayaran-PPN

Pic : https://www.harmony.co.id/blog/tax/2020/02/21/pajak-pertambahan-nilai-ppn-penjelasan-dan-cara-menghitungnya