News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Pemungut PPN PMSE Akan Dapat Nomor Identitas Perpajakan
by Admin - Satvika Consulting  |  August 09, 2020

Nomor identitas perpajakan adalah nomor yang digunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas pemungut PPN PMSE dalam melaksanakan hak dan sarana administrasi dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Kartu Nomor Identitas Perpajakan ini diterbitkan oleh DJP dengan Surat Keterangan Terdaftar.

Dirjen Pajak dapat mencabut penunjukan pelaku usaha PMSE sebagai pemungut PPN yang tidak memenuhi kriteria. Pemenuhan kriteria yang dimaksud adalah nilai transaksi dengan pembeli di Indonesia melebihi Rp600 juta dalam setahun atau Rp50 juta dalam sebulan, dan Jumlah traffic atau pengakses di Indonesia melebihi 12.000 dalam setahun atau 1.000 dalam sebulan. Pemenuhan kriteria ini bisa dipakai salah satu ataupun keduanya.

Surat Keterangan Terdaftar berisi keterangan keputusan dan tanggal penunjukan dan terdapat nama, nomor identitas perpajakan, alamat korespondensi, alamat email, dan kategori dari pemungut PPN PMSE. Untuk contoh format dapat dilihat sebagaimana tercantum dalam Lampiran huruf D PER-12/PJ/2020. Sementara untuk Kartu Nomor Identitas menggunakan format pada Lampiran huruf E.

Kartu Nomor Identitas Perpajakan mirip dengan NPWP, tetapi dituliskan menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kartu tersebut memuat informasi tentang nomor identitas perpajakan, nama, alamat, kantor pelayanan pajak, dan tanggal terdaftar.

 

 

Penulis       : Wahyudi

Pic              : https://bit.ly/3iBMqjK