News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Pentingnya Memiliki NPWP Bagi Setiap Warga Negara Indonesia
by Admin - Satvika Consulting  |  April 14, 2021

Setiap orang di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah pajak, seperti kita ketahui pajak merupakan pungutan wajib yang dibayarkan rakyat untuk negara, yang kemudian akan masuk dalam pos pendapatan negara dari sektor pajak. Hasil dari pungutan tersebut tidak lain adalah untuk membiayai belanja pemerintah pusat maupun daerah demi kesejahteraan masyarakat. Tetapi seperti yang seringnya terjadi dan yang kita ketahui juga, kesadaran warga negara kita untuk membayar pajak cukup rendah.

Anggapan salah yang beredar dalam kehidupan masyarakat tentang seseorang yang memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), harus bayar pajak. Akhirnya, sebagian warga negara menyepelekan NPWP.

Meluruskan anggapan yang keliru di atas. Bahwa setiap pemegang NPWP diwajibkan membayar pajak adalah perkara salah kaprah. Pemegang NPWP yang berkewajiban membayar pajak adalah mereka yang memiliki penghasilan di atas PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak).

Setiap warga negara  pasti membayar pajak, entah pajak kendaraan, pajak pertambahan nilai, pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan, dan pajak lainnya dalam perundang-undangan perpajakan. Peraturan perundang-undangan perpajakan di Indonesia membagi wajib pajak (pemegang NPWP) ke dalam dua macam, yakni wajib pajak efektif dan wajib pajak non efektif.

Wajib pajak efektif adalah mereka yang memiliki penghasilan di atas PTKP dan berkewajiban membayar pajak. Karena memiliki kewajiban membayar pajak, mereka harus melaporkan SPT tahunan. Agar nanti dapat dikalkulasi besaran biaya pajak yang perlu disetorkan ke kas negara.

Wajib pajak non efektif adalah mereka yang tidak memiliki penghasilan atau belum memenuhi batas minimum PTKP. Walaupun demikian, tahun pertama wajib pajak ini harus melaporkan SPT tahunan. Upaya tersebut dilakukan untuk menentukan mereka ada pada kategori wajib pajak efektif atau non efektif. Jika sudah melakukan pelaporan SPT tahunan, hasilnya tidak memenuhi PTKP, mereka diarahkan untuk mengajukan permohonan menjadi wajib pajak non efektif. Sehingga, setiap tahun tak perlu melaporkan SPT dan tidak berkewajiban bayar pajak.

Dengan kita memiliki NPWP, kita secara tidak langsung adalah barisan pahlawan keuangan negara, kita patuh pajak. Jangan ada anggapan, kita tidak dapat apa-apa dari bayar pajak, ini salah besar. Pajak penghasilan yang kita bayarkan dengan kepemilikan NPWP disalurkan kembali kepada kita dalam bentuk yang berbeda. Contohnya jalan raya, jembatan, puskesmas, rumah sakit, sekolah, fasilitas olahraga, dan semuanya fasilitas umum.

Setiap warga negara dihimbau membuat NPWP. Entah bagi yang belum berpenghasilan sebagai upaya edukasi perpajakan atau yang sudah menghasilkan jutaan rupiah per bulan. Dengan memegang NPWP, kita memiliki identitas jelas sebagai wajib pajak, terlepas dari kedua bentuk wajib pajak tersebut. Memiliki NPWP sama halnya mengakui dirinya sebagai wajib pajak secara tertulis, sebagai salah satu kewajiban warga negara untuk membayar pajak.

Oleh: Ni Kadek Ayu Tiara Krispyantika

Pict : https://dewailmu.id/syarat-membuat-npwp-karyawan/