News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Per 1 Juli 2020, DJP akan meninjau Kepatuhan Pelaporan SPT Wajib pajak.
by Admin - Satvika Consulting  |  September 19, 2020

Surat Pemberitahuan (SPT) adalah laporan pajak yang disampaikan kepada pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pajak. Ketentuan mengenai SPT diatur dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Wajib pajak mempunyai kewajiban untuk melaporkam SPT setiap masanya. Banyak wajib pajak tidak rutin dalam melaporkan SPT dikarenakan ketidaktahuan cara pelaporan SPT, bagaiamana konsekuensi jika tidak melaporkanya atau telat dalam pelaporan .

Mulai 1 Juli 2020 sesuai Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-06/PJ/2020 tentang Tata Cara Penyampaian, Penerimaan, dan Pengelolaan Surat Pemberitahuan Pajak Penghasilan Tahun Pajak 2019 Sehubungan dengan Pandemi Corona Virus Disease 2019. DJP akan menelisik kepatuahn Wajib pajak dalam melaporkan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) tahun pajak 2019. Dihimbau kepada  wajib pajak diharapkan menyiapkan diri untuk meninjau kembali Laporan SPT yang sudah dilaporkan. Hal ini bertujuan untuk menetapkan pajak terhutang melalui menerbitakn Surat Ketetapan Pajak (SKP) sehingga dapat mendukung kapatuhan dalam mejalankan kewajiban Wajib Pajak.

 

Penulis : Cyintia dewi