News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Ingin Restitusi Tiap Bulan? ini Kriterianya
by Admin - Satvika Consulting  |  April 14, 2021

Apasih PKP itu? kenapa dibagi menjadi 2?, sebelum mengarah ke perbedaannya sebaiknya kita harus tahu terlebih dulu tentang PKP. Kalian bisa membaca artikel yang telah kami buat sebelumnya atau bisa klik artikel berikut ini  Apa Itu Pengusaha Kena Pajak? .

Kenapa PKP dibagi menjadi 2 ini ada kaitannya dengan  Kelebihan Pajak Masukan, Apabila dalam suatu masa pajak, pajak masukan yang dapat dikreditkan lebih besar daripada pajak keluaran selisihnya merupakan kelebihan pajak yang dapat diminta pada akhir tahun buku.

Untuk PKP yang termasuk Pasal 9 4b dapat meminta kelebihan atas Pajak Masukan di Setiap Masa Pajak, adapun rinciannya sbb :

  1. Pengusaha Kena Pajak yang melakukan ekspor Barang Kena Pajak Berwujud;
  2. Pengusaha Kena Pajak yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau penyerahan Jasa Kena Pajak kepada Pemungut Pajak Pertambahan Nilai;
  3. Pengusaha Kena Pajak yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau penyerahan Jasa Kena Pajak yang Pajak Pertambahan Nilainya tidak dipungut;
  4. Pengusaha Kena Pajak yang melakukan ekspor Barang Kena Pajak Tidak Berwujud;
  5. Pengusaha Kena Pajak yang melakukan ekspor Jasa Kena Pajak; dan/atau
  6. Pengusaha Kena Pajak dalam tahap belum berproduksi sebagaimana dimaksud pada ayat (2a).

Namun PKP yang termasuk Pasal 9 4b merupakan  PKP yang mempunyai kriteria sebagai Pengusaha Kena Pajak berisiko rendah yang diberikan pengembalian pendahuluan kelebihan pajak sebagaimna diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan  Nomor 117/PMK.03/2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 39/PMK.03/2018 Tentang Tata Cara Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak.

Dalam PKP mempunyai kriteria sebagai Pengusaha Kena Pajak berisiko rendah dan ingin melakukan pengembalian atas Kelebihan Pajak Masukan. Pengusaha Kena Pajak dapat mengajukan permohonan ke KPP tempat Pengusaha Kena Pajak dikukuhkan.

 

 

Penulis             : Wahyudi

Pic                   : freepik.com