News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

SOLUSI APABILA NPWP RUSAK ATAU HILANG
by Admin - Satvika Consulting  |  April 14, 2021

Ketentuan mengenai pendaftaran NPWP diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-04/PJ/2020. Apabila kartu NPWP yang sudah dibuat rusak atau hilang, maka solusi yang bisa dilakukan adalah:

  1. Mencetak Ulang Kartu NPWP

Wajib pajak dapat membuat permohonan mengenai cetak ulang kartu NPWP di Kantor Pelayanan Pajak terdekat, dengan hanya membawa KTP, kemudian mengisi permohonan, dan akan mendapat kartu NPWP yang baru. Data yang ada pada kartu NPWP tersebut sama dengan yang ada pada master file Direktorat Jenderal Pajak.

  1.  Kartu NPWP Elektronik

Adanya layanan secara daring ini memudahkan masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakannya. NPWP elektronik ini memiliki fungsi yang sama dengan kartu NPWP fisik, yang bisa digunakan secara resmi. Mencetak NPWP elektronik ini dilakukan dengan membuat akun DJP online pada www.pajak.go.id.

  • Klik “Login”, kemudian akan masuk ke halaman DJP Online. Lalu masukkan NPWP, password, dan kode keamanan yang tertera di laman tersebut.
  • Jika sudah login, pilih “Informasi”, apabila sudah terlihat NPWP elektronik, bisa klik “Kirim e-mail”. Maka sistem akan mengirimkan NPWP tersebut ke e-mail wajib pajak.
  • Kemudian akan mendapat notifikasi “NPWP elektronik telah dikirimkan ke e-mail yang terdaftar pada sistem”, lalu unduh lampiran tersebut, dicetak, dan sudah bisa digunakan.

                                             

 

 

Nama               : Rika Wahyuni

Universitas      : Politeknik Negeri Bali