News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Tata cara penyampaian WP memlilih tidak dikenai Pajak Pengahsilan 0,5%
by Admin - Satvika Consulting  |  September 19, 2020

Bagi wajib pajak yang memiliki pengasilan bruto diatas Rp.4,8 miliar dalam satu tahun pajak dapat dikenakan pajak penghasilan secara final atau PPh final dengan tarih 0,5%. Jika wajib pajak sudah diatas Rp.4,8 miliar maka pemerintah memberikan pilihan kepada wajib pajak untuk menjadi WP PP 23 atau tidak.

Wajib Pajak yang tidak ingin menjadi WP PP 23 dapat memberitahu terlebih dahulu kepada kantor pajak

  1. Pertama, silahkan akses pajak.go.id
  2. Lalu klik Login di sebelah kanan atas
  3. Jika sudah pada laman klik Login DJP Online
  4. Isi nomor pokok wajib pajak dan kata sandi Anda dan kode keamanan (captcha).
  5. Silahkan klik Layanan
  6. Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) jika tidak muncul anda harus mengaktifkan terlebih dahulu

    Cara mengaktifkan menu info KSWP : klik menu Profil. Kemudian klik menu Aktivasi Fitur Layanan. Setelah itu centang opsi Info KSWP, dan klik Ubah Fitur Layanan. Bila berhasil, Anda akan melihat notifikasi Sukses dan Anda akan otomatis Logout.
  7. login kembali akun DJP Online Anda
  8. klik menu Layanan dan klik menu KSWP.
  9. Pada profil Pemenuhan Kewajiban Saya, silakan pilih keperluan pemberitahuan memilih berdasarkan ketentuan umum PPh (PP 23). Nanti, Anda akan melihat notifikasi dari Ditjen Pajak
  10.  Ada beberapa hal yang harus Wajib Pajak Perhatikan dalam hal ini : Pertama, pengenaan ketentuan umum pajak penghasilan mulai berlaku pada tahun pajak berikutnya. Kedua, wajib pajak tidak lagi dikenai pajak penghasilan berdasarkan PP No. 23/2018 pada tahun-tahun pajak berikutnya.Ketiga, wajib pajak tidak dapat mengajukan surat keterangan dikenai PP No. 23/2018.

Bagi wajib pajak yang mempunyai surat keterangan maka surat keterangan dikenai PP 23/2018 tersebut tidak berlaku lagi dan wajib pajak juga tidak perlu menyampaikan pemberitahuan memilih dikenai ketentuan umum pajak penghasilan dengan catatan wajib pajak telah memilih untuk kenaikan pajak sesuai dengan tarif umum maka untuk tahun pajak seterusnya wajib pajak tidak dapat dikenai pajak panghasilan dengan tariff 0,5% lagi.

Silahkan cetang kolom ‘saya sudah membaca informasi ketentuan umum pajak penghasilan tersebut di atas’lalu klik  Submit.

Pemberitahuan memilih berdasarkan ketentuan umum PPh selesai.