News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

Tips Cek Tarif Pajak Kendaraan Bermotor untuk Provinsi Bali
by Admin - Satvika Consulting  |  April 14, 2021

Setiap pemilik kendaraan bermotor berkewajiban untuk membayar pajak. Dengan adanya kemajuan teknologi, berbagai urusan bisa dipermudah termasuk juga dalam bidang perpajakan. Sebagai bentuk pelayanan yang diberikan kepada masyarakat, pemerintah telah menyediakan layanan pengecekan pajak kendaraan secara online sehingga tak perlu lagi mengantre lama di kantor Samsat. Layanan tersebut dapat memberikan kepastian bagi masyarakat mengenai jumlah tarif pajak yang harus dibayarkan untuk atas kendaraan bermotor yang dimiliki. Layanan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai cara cek pajak kendaraan online, seperti motor dan mobil.

Kini, Provinsi Bali telah memberikan layanan pengecekan tarif pajak secara online dengan menggunakan informasi dari Badan Pajak dan Retribusi Daerah Bali yang menggunakan info PKB (Pajak Kendaraan bermotor) dimana badan tersebut menerima pembayaran pajak melalui sistem online pajak daerah, begitu juga untuk cara cek pajak mobil dan cara cek pajak motor di sistem Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Terdapat empat cara yang dapat dilakukan untuk mengecek pajak kendaraan Bali, yaitu:

  1. Melalui Aplikasi Pajak Online di Google playstore dan Apple ios Store

Aplikasi dapat diunduh melalui handphone dan untuk setiap daerah, nama aplikasi yang bisa digunakan berbeda beda. pastikan anda download dari pengembang resmi E-Samsat.

  1. Melalui Website Badan Pajak dan Retribusi Daerah yaitu dengan cara di situs samsat PKB provinsi Bali
  2. Dengan menggunakan USS Code yang bisa digunakanan melalui handphone yaitu dengan mengetikkan kode *368*1# atau bisa juga menggunakan jasa premium SMS ke nomor 8893
  3. Dengan menggunakan Website pihak ketiga seperti cekpajak.com

 

 

Penulis                        : Wilantari (Mahasiswi PKL Universitas Udayana)