News

Update terbaru seputar dunia ekonomi

titip barang tidak kena PPN Konsinyasi
by Admin - Satvika Consulting  |  April 14, 2021

Konsinyasi adalah bentuk kerja sama antara pemilik barang dengan pemilik toko. Dalam konsinyasi pemilik barang menitipkan barangnya di toko penjual atau pedagang yang sering dikenal sebagai transaksi jual titip. Pemilik barang dikenal sebagai consignor sementara yang dititipi barang disebut sebagai consignee.

Sementara PPN konsinyasi menurut peraturan pajak adalah pajak yang dikenakan dalam kegiatan jual titip. Alasan kenapa penyerahan konsinyasi dikenai pajak terutang karena terdapat transfer antara consignor ke pihak consignee.

Barang yang diserahkan sendiri oleh pemilik produk merupakan objek pajak sehingga wajar bila dikenakan PPN sesuai dengan peraturan pajak yang telah ditetapkan terkait PPN. Walaupun consignee sendiri bertugas hanya sebagai pedagang perantara saja. Consignee disini menurut peraturan pajak bisa pengusaha dengan nama ataupun bentuk apapun kecuali makelar yang diangkat sumpah oleh departemen kehakiman.

Adapun ketentuan tersebut sebagaimana dalam Pasal 112 Undang-Undang (UU) Cipta Kerja yang telah diundangkan pada Senin (5/10). Beleid tersebut menghapus ketentuan lama mengenai penyerahan barang kena pajak yang tertera dalam Pasal 1A ayat (1) huruf g UU PPN Tahun 2009

untukmemdudahkan kegiatan usaha, PPn konsinyasi masih dianggap sebagai bukan penyerahaan barang kena Pajak. apa bila barang sudah benar benar terjual oleh pedagang atau wajib pajak baru akan dikenai PPN