Tidak Bisa Login Menggunakan NIK, NIK Tidak Sesuai Dengan nomor KK

by Ni Putu Wita Fedora  |  12 Aug 2022

Jika NIK tidak valid pada saat memvalidasi NIK pada DJP Online tertera ‘data belum valid’. Nah bagaimana cara mengatasi hal tersebut? 

Yang pertama harus dilakukan adalah dengan cara mengecek NIK kita pada KK, jika NIK kita pada KK berbeda, kita harus segera melapor ke ‘Dukcapil’. Kamu bisa langsung melaporkan kejadian tersebut ke Dukcapil yang sesuai dengan tempat KTP kamu dibuat. Untuk kelengkapan

dokumen yang harus dipersiapkan, yaitu :

  1. Membawa KTP asli dan foto copy
  2. Membawa KK asli dan foto copy
  3. Membawa Akta Kelahiran asli dan foto copy

Di Dukcapil ini, petugas akan mengarahkan kamu sesuai dengan keperluan yang akan kamu butuhkan/lakukan.

Jika kalian tidak sempat/tidak memiliki waktu luang untuk mengurus permasalahan ini ke kantor Dukcapil, kamu bisa melapor secara online.

Sebelumnya yang harus kamu lakukan adalah mengecek apakah Dukcapil tempat kamu membuat KTP sudah menggunakan layanan online, jika sudah, kamu bisa memanfaatkanya, agar terhindar dari antrean sekaligus menghemat waktu. Adanya layanan online kepentingan publik memang sangat bermanfaat. Berikut adalah pilihan layanan online Dukcapil yang bisa kamu gunakan/hubungi :

  1. Melapor melalui Call Center Dukcapil di nomor : 1500537
  2. Melapor melalui nomo aplikasi WhatsApp : 08118005373
  3. Melapor melalui nomor SMS : 08118005373
  4. Melapor melalui Email di alamat : callcenter.dukcapil@gmail.com
  5. Melapor melalui media sosial Facebook di akun resmi Dukcapil : ‘Halo Dukcapil’
  6. Melapor melalui media sosia Twitter di akun resmi Dukcapil : @ccdukcapil

Apa penyebab NIK dan KK tidak Valid?Tidak terdaftar? Pada dasarnya, kepanikan tidak diperlukan ketika kamu mengetahui bahwa NIK atau KK -mu tidak vali/tidak terdaftar. Bersikap tenang, dan cari tahu penyebabnya. Nah apa saja penyebabnya? Berikut ulasannya.

  1. Adanya masalah dalam system pencatatan, ada kemungkinan Dukcapil dalam proses pencatatan, sehingga menyebabkan NIK dan KK tidak valid. Selain itu kemungkinan lainnya adalah dengan adanya masalah pada system database milik Kemendagri.
  2. Adanya Kesalahan/Kekeliruan dalam memasukkan NIK dan KK, alasan ini sering kerap terjadi dalam memasukkan nomor NIK dan KK. Sehingga, hal ini menjadi salah satu faktor penyebab NIK dan KK tidak valid/tidak terdaftar, mungkin saja yang menginput nomor NIK dan KK kelebihan maupun kekurangan 1 angka, dan bisa saja penginput typo atau bisa disebut dengan salah ketik. Kita harus bisa memaklumi hal ini, dikarenakan semua orang pasti bisa melakukan sebuah kesalahan.

Jika Petugas Dukcapil sudah mengecek dan mengupdate NIK dan KK, kamu bisa langsung melakukan aktivasi NIK agar bisa berfungsi sebagai NPWP. Yang pertama adalah kamu bisa login di DJP Online seperti biasa, masukan NPWP > masukkan kata sandi > masukkan kode keamanan.

Kemudian kamu bisa meng-klik tap ‘profil’, kemudia kamu hanya mengisi NIK pada kolom ‘NIK/NPWP16’, kemudian klik dibagian bawah ‘Validasi’, kemudian akan muncul informasi ‘Data ditemukan. Silahkan klik Ubah Profil’. Artinya NIK yang kamu masukkan sesuai dengan yang terdaftar pada NPWP di DJP. Kemudia kamu hanya meng-klik ‘OK’ > ‘Ubah Profil’.

jika sudah mengubah profil, kamu otomatis Logout pada DJP Online, kemudian masuk lagi seperti biasa, hanya saja kamu Login dengan menggunakan nomor NIK.


Prev  Next